Beradaptasi di Sekolah Baru

Untuk adik-adik yang baru bergabung dengan keluarga besar SMPN 1 Sukawening sekarang merupakan masa yang sudah di tunggu-tunggum bisa jadi adik-adik malah merasa takut akan lingkungan baru. Bagi para pelajar ketika memasuki sekolah baru berarti para pelajar mendapatkan hal baru, teman baru, para guru baru serta lingkungan baru pula. Namun terkadang dengan lingkungan baru ini, membuat para siswa sedikit ketakutan karena belum begitu nyaman di sekolah baru, ataupun adik-adik membayangkan senior yang kejam.

Yang paling ditakutkan oleh adik-adik pasti bagaimana menghadapi lingkungan baru. Adik-adik harus memulai beradaptasi dengan lingkungan baru, mendapatkan teman baru atau mungkin berkenalan dengan senior di sekolah. Pada artikel ini mimin mau membagikan tips bagaimana adik-adik memulai proses untuk beradaptasi di lingkungan baru.

  1. Mempersiapkan Diri

    Mempersiapkan diri khususnya di bagian mental adik-adik. Karena pada sekolah baru pasti sudah terbentuk lingkungan, kebiasaan, budaya serta karakter sebelum adik-adik bergabung dengan sekolah. Jadi Ketika adik-adik memasuki sekolah baru, mau ataupun tidak adik-adik harus menerima beberapa kondisi baru pada sekolah baru tersebut. Pada tahap ini adik-adik bisa menumbuhkan rasa kedewasaan dalam menyikapi sesuatu hal yang baru atau bahkan belum pernah ditemui.

  2. Selalu berbaik sangka

    Berbaik sangka adalah modal adik-adik ke 2. Karena ketika adik-adik selalu berbaik sangka kan membuat diri adik-adik selalu memancarkan energi positif, kalo adik-adik selalu berburuk sangka maka energi adik-adik akan terkuras percuma. Apalagi jika nanti adik-adik menghadapi metode pembelajaran para Guru baru.

  3. Mengenali lingkungan

    Dengan adik-adik tidak mengenali lingkungan sekolah tempat adik-adik belajar, adik-adik akan timbul rasa cemas bahkan khawatir karena tidak mengenali lingkungan tempat belajar. Maka dari itu adik-adik bisa mendatangi ruangan-ruangan seperti perpustakaan, lab, UKS dll. Agar ketika adik-adik membutuhkan sesuatu di salah satu ruangan tersebut adik-adik tidak perlu cemas karena tidak mengetahui letak ruangannya.

  4. Mengikuti peraturan sekolah

    Ketika adik-adik memasuki sekolah baru berarti adik-adik harus siap untuk mengikuti tata aturan sekolah khususnya di SMPN 1 Sukawening. Karena pasti yang namanya sekolah selalu ada peraturan yang berbeda-beda. Maka untuk bisa membuat adik-adik nyaman dan memudahkan proses adaptasi di sekolah baru. Adik-adik harus mengikuti semua peraturan yang ada di sekolah.

  5. Bergabung dengan kegiatan siswa di sekolah

    Kegiatan ekskul akan sangat membantu adik-adik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mendapatkan teman baru. Ketika adik-adik bergabung dengan ekskul, maka wawasan adik-adik mengenai lingkungan sekolah, teman, bahkan Guru akan bertambah. Jadi adik-adik bisa mengikuti kegiatan siswa yang disediakan oleh sekolah seperti Osis, Paskibra, PMR, PAI, Futsal, serta tak lupa ada Pramuka.

Jadi adik-adik engga sulit ko untuk adik-adik dalam beradaptasi di sekolah baru. Tetap semangat ya adik-adik di lingkungan baru ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *