Karakter yang harus ditanamkan peserta didik

Karakter adalah karakteristik yang melekat erat khas kepada individu pada siswa yg ditunjukkan melalui cara bersikap, berhubungan, baik pada lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. siswa yg memiliki karakter baik akan mampu membentuk keputusan dengan baik serta tepat dan siap mempertanggungjawabkan setiap keputusan yg diambil.
Pada hal ini sudah seharusnya sekolah sebagai institusi pendidikan turut menanamkan karakter yg baik pada tiap individu siswa. Setidaknya ada beberapa karakter yg harus ditanamkan di peserta didik di lingkungan sekolah antara lain:

  1. Karakter Religius

Karakter religius ialah langkah awal menumbuhkan sifat, sikap, dan sikap keberagaman di masa perkembangan berikutnya. Masa Pelajar artinya masa keemasan di mana masa terbaik buat menanamkan nilai-nilai religius. karena baik buruknya seseorang dimasa dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalamanan pendidikan di masa kecilnya.
Oleh karena itu, pengkondisian lingkungan sekolah yang mendukung proses penanaman nilai religius wajib dibuat semenarik mungkin. seperti misalnya melalui pembiasaan berdo’a sebelum memulai aktivitas, senantiasa bersyukur pada Allah SWT atas apa yang telah diperolehnya.

  1. Cinta Kebersihan serta lingkungan

Selanjutnya penanaman rasa cinta kebersihan. Hal ini ditunjukan pada dua hal yaitu, menjaga kebersihan terhadap diri sendiri dan kebersihan terhadap lingkungan. Kebersihan terhadap diri sendiri dimaksud supaya menghasilkan pribadi yg sehat serta jiwa yg kuat. sebagai akibatnya bila peserta didik pada kondisi yang sehat dan jiwa yg kuat maka siswa dapat mengikuti aktivitas belajar dengan baik.

Sedangkan penanaman rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan sekolah mulai dari jalan, halaman, sampai kelas terbebas debu serta sampah. Pembuatan jadwal piket pada tiap kelas, ataupun lomba kebersihan lingkungan sekolah adalah model lain yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah menjadi upaya menanamkan rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan.

  1. Karakter Jujur

Selanjutnya karakter kejujuran pula sangat penting buat ditanamkan di lingkungan sekolah. perilaku jujur akan berakibat positif terhadap berbagai sisi kehidupan, baik pada masa sekarang juga masa yang akan datang. Kejujuran ialah investasi yg sangat berharga dan modal dasar bagi terciptanya komunikasi yang efektif serta hubungan yg sehat.

  1. Karakter Peduli

Merupakan perilaku dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan yang membutuhkan. Kepedulian siswa dapat ditanamkan pada sekolah melalui banyak sekali cara. misalnya saat terdapat sahabat kelas yg sakit maka saling menjenguk atau bisa jua mengumpulkan uang berasal teman-teman satu kelas lalu dibelikan sesuatu menjadi bawaan waktu menjenguk temannya menjadi wujud kepedulian. dengan adanya sikap peduli yg melekat pada diri siswa sejak dini maka akan disenangi oleh banyak teman. Karakter peduli sangat krusial diajarkan semenjak dini supaya siswa-siswa bisa menjadi eksklusif yang terbiasa pada tolong menolong.

Menanamkan keempat karakter pada lingkungan sekolah ini, kita seluruh berharap supaya peserta didik bisa tumbuh sebagai langsung yg mempunyai prestasi serta cara bersikap yg baik. oleh sebab itu, sudah sepatutnya setiap Sekolah terbaik harus menanamkan karakter yang baik supaya mereka sebagai generasi yg berilmu dan berkepribadian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *