Tips Public Speaking

Manusia di ciptakan oleh Allah sebagai makhluk sosial, yang senantiasa berinteraksi dengan orang lain. Karena tidak mungkin seseorang bisa hidup sendirian. Pasti, seseorang membutuhkan seseorang yang lainnya. Apalagi tuntutan zaman saat ini jika kita kurang dalam berbicara di depan umum maka kita akan tersisihkan oleh orang lain. Meskipun kita memiliki skill yang lebih dari pada orang lain.

Maka dari itu untuk saat ini bisa berbicara di depan umum menjadi modal sangat penting. Bahkan, ketika nanti adik-adik mulai meniti karir dalam bidang pekerjaan. Adik-adik akan dihadapkan dengan pilihan untuk bisa berbicara misalkan dengan customer, jika adik-adik bekerja pada bidang retail atau pelayanan bahkan seperti menjadi Guru.

Oleh karena itu mimin akan membagikan tips agar adik-adik terampil berbicara di depan umum.

  1. Pelajari topik yang akan dibicarakan
    Ketika adik-adik ingin mengikuti suatu lomba yang mengharuskan adik-adik menggunakan public speaking. Maka langkah awal adik-adik harus benar-benar mempersiapkan materi mengenai topik yang akan dibicarakan pada forum tersebut. Karena dengan adik-adik mempelajari terlebih topik yang akan dibahas, adik-adik akan lebih siap dalam menjawab pertanyaan yang mungkin hadir ketika adik-adik mengikuti forum tersebut.
  2. Perhatikan dan dengarkan pendapat orang lain
    Terkadang sering pembicara tidak memberikan perhatian bahkan sedikit mendengar apa yang orang lain ingin utarakan. Terkadang seorang public speaking yang sudah terbiasapun lebih senang berbicara saja dan ketika dia selesai berbicara diharapkan acara tersebut selesai. Hal tersebut sangat kurang baik untuk dilakukan, karena yang namanya berbicara di depan umum pasti yang harus di dapatkan adalah timbal balik dari apa yang telah kita utarakan. Jadi adik-adik harus bisa memperhatikan serta mendengarkan pendapat orang lain agar skill adik-adik atau wawasan yang dimiliki senantiasa bertumbuh.
  3. Biasakan menghindari membaca catatan dalam berbicara
    Kebiasaan membaca catatan terus menerus bisa mengakibatkan adik-adik gagap dalam berbicara di depan umum. Karena hal tersebut membuat kebiasaan dalam proses adik-adik berbicara, jadi ketika adik-adik dikemudian hari harus mendadak berbicara di depan umum. Adik-adik akan tidak siap menghadapi audiens karena kebiasaan adik-adik yang harus membawa catatan kemana saja. Meskipun untuk awal belajar perlu adik membiasakan menulis beberapa kata-kata yang pasti ada dalam setiap pembicaraan. Misalkan seperti ucapan pembukaan, atau penutup acara. Namun, kembali adik-adik harus membiasakan berbicara tanpa membawa catatan.
  4. Terus berlatih
    Yang paling pamungkas adalah berlatih. Tidak mungkin adik-adik petama kali tampil langsung bisa menampilkan public speaking yang sangat sempurna, hal tersebut tidak mungkin. Oleh karena itu adik-adik harus terus berlatih dan membiasakan berbicara di depan umum. Karena dengan usaha berlatih terus menerus pasti harapan adik-adik untuk berkembang pada kemampuan berbicara di depan umum akan semakin baik. Tidak menutup kemungkinan adik-adik akan menjadi orang penting bahkan kepala negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *