Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan yang berkualitas itu pendidikan dengan sekolah yang lulusannya pintar, nilai bagus, banyak peminatnya, serta lulusan sekolah tersebut nantinya banyak di terima di sekolah favorit di jenjang berikutnya. Pandangan orang lain tentang Pendidikan Berkualitas tentu bervariatif. Sebagian besar orang belum banyak yang tahu apa yang dimaksud dengan Pendidikan Berkualitas.
Pendidikan Berkualitas merupakan pendidikan yang di dalamnya terjadi kesinambungan antara pihak sekolah, guru, dan siswa dalam menjalankan kegiatan atau proses pembelajaran. Sekolah yang memfasilitasi segala proses pembelajaran tersebut, guru yang menyampaikan pelajaran serta siswa yang aktif menerima pembelajaran di sekolah tersebut. Kegiatan belajar dan mengajar saling berhubungan. Pengajaran harus memengaruhi pembelajaran, dan pembelajaran harus memengaruhi pengajaran
Selain itu pengelolaan sekolah merupakan hal yang sangat penting lho bagi kualitas pendidikan para siswa. Tanpa adanya pengelolaan sekolah yang baik maka seluruh aspek mutu pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik, maka tak ada lagi yang dinamakan pendidikan berkualitas.
Maka dari itu, sekolah memiliki peranan penting dalam pembentukan pendidikan berkualitas demi menghasilkan siswa yang cerdas, sehingga dari tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara maksimal. Semua warga sekolah harus dapat melaksanakan apa yang menjadi tugas daripada dirinya.
Sekolah mempersiapkan guru-guru yang kompeten di bidangnya, sehingga akan mempermudah proses pengajaran terhadap siswa, begitupun siswa akan mudah menerima materi yang telah di ajarkan. Pihak sekolah juga, menempatkan para staff sekolah dengam tepat, karena akan mempengaruhi segala sesuatu yang dilaksanakan di lingkungan sekolah.
Demi menghasilkan siswa yang cerdas dari pendidikan berkualitas juga, pihak sekolah bisa menyusun strategi dalam proses kegiatan belajar mengajar, misal konsisten dengan aturan yang harus ditaati oleh seluruh guru, siswa dan staff sekolah. Membuat berbagai program seperti proses pembelajaran yang matang namun tidak membosankan di kelas maupun luar kelas, program ekstrakurikuler untuk mengembangkan potensi diri para siswa, program jam tambahan atau program pemantapan untuk siswa tingkat akhir yang akan lulus. Serta seringnya diadakan rapat evaluasi dan rapat perencanaan yang dilakukan oleh para guru untuk program pembelajaran yang lebih baik kedepannya.